Kami siap melayani pembelian jenis bibit tanaman kehutanan seperti mindi, gmelina, jati, sengon, treambesi, dan lainnya. Anda dapat langsung menghubungi sekretariat LMDH Sumber Makmur Desa Sumberanyar Kec. Banyuputih Kab. Situbondo ataupun kontak langsung ke HP 085236822242 (Muhammad Bakri-Ketua LMDH)

rss

Profil Lembaga

LEMBAGA MASYARAKAT DESA HUTAN
LMDH SUMBER MAKMUR
DESA SUMBERANYAR KECAMATAN BANYUPUTIH KABUPATEN SITUBONDO JAWA TIMUR



SEJARAH PENDIRIAN

Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Sumber Makmur Desa Sumberanyar pertama kali dibentuk dan didirikan 4 tahun setelah dilaunchingkannya program Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM) oleh Perum Perhutani, yakni tepatnya pada tanggal 3 Juni 2005, namun baru memiliki legalitas hukum pada tahun 2006 setelah diterbitkannya Akte Pendirian LMDH Sumber Makmur oleh Notaris Irene Swandayani Sutianto, SH Nomor : 24 Tanggal 13 September 2006.
Pembentukan LMDH Sumber Makmur sendiri dilatarbelakangi oleh sebuah tuntutan realitas bahwa Desa Sumberanyar merupakan salah satu desa di Kecamatan Banyuputih yang secara geografis merupakan desa pemangku hutan, dan hampir 45% dari wilayah Desa Sumberanyar adalah berupa bagian hutan Kendeng Timur Laut yang belum tertata sejak zaman penjajahan Belanda. Hal itu terlihat dari kondisi hutan yang gundul. Dan wilayah tersebut sebagian besar berada di Dusun Sekarputih yang seluruhnya dinilai memiliki potensi sangat besar untuk dikembalikan lagi menjadi hutan sebagaimana fungsinya.
Sementara dilihat dari aspek sosial, budaya dan ekonomi, mayoritas masyarakat setempat mempunyai aktivitas ekonomi dengan menggantungkan pada pemanfaatan hasil hutan yang menjadi wilayah pangkuan KPH Banyuwangi Utara. Dan tentunya aktivitas ekonomi tersebut memiliki resiko yang sangat tinggi terhadap kelangsungan kelestarian hutan itu sendiri. Hal itu terbukti dengan tingginya tingkat pencurian kayu hutan oleh oknum warga sebelum dilaksanakannya PHBM oleh pihak Perum Perhutani dan LMDH Sumber Makmur.
Selanjutnya, dilakukanlah pembentukan LMDH oleh masyarakat sebagai mitra Perum Perhutani sekaligus menjadi salah satu komponen penting dalam pelaksanaan Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM) untuk melakukan sebentuk kerja sama saling menguntungkan kedua belah pihak untuk menuju terealisasinya kelestarian sumber daya hutan dan tercapainya sumber daya manusia (SDM) masyarakat desa pemangku hutan yang partisipatif, makmur dan sejahtera.

VISI DAN MISI

Visi LMDH Sumber Makmur :
Menumbuhkan kesadaran dan kepedulian serta meningkatkan keterlibatan, peran, dan tanggung jawab masyarakat desa dalam pengelolaan sumberdaya hutan melalui jalinan kemitraan yang sehat untuk menuju masyarakat desa hutan mandiri dan hutan lestari yang berkeadilan, makmur dan sejahtera.
Misi LMDH Sumber Makmur :
  1. Menumbuhkan rasa kepedulian masyarakat dalam pemanfaatan sumberdaya hutan melalui pengelolaan hutan dengan model kemitraan.
  2. Menciptakan kelestarian hutan bersama masyarakat dan Perum Perhutani
  3. Menyalurkan aspirasi masyarakat desa dalam pengelolaan hutan
  4. Meningkatkan taraf hidup masyarakat desa melalui kegiatan pengelolaan hutan

AZAS DAN TUJUAN
  1. Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Sumber Makmur Desa Sumberanyar berazaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 serta menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi, kebersamaan, keterbukaan, dan keadilan.
  2. Lembaga bersifat independen dan tidak berafiliasi pada salah satu partai politik manapun serta mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan.
  3. Lembaga memiliki tujuan menggali seluruh potensi sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM) masyarakat Desa Sumberanyar untuk dapat dikembangkan melalui kegiatan partisipasi nyata dalam usaha pengelolaan hutan yang berbasis kemitraan bersama Perum Perhutani KPH Banyuwangi Utara guna menuju tercapainya komunitas masyarakat desa hutan mandiri dan hutan lestari yang berkeadilan, makmur dan sejahtera.
  4. Meningkatkan tingkat kesadaran, kepedulian, dan keterlibatan masyarakat desa dalam kegiatan pengelolaan dan pelestarian hutan pangkuan desa bersama Perum Perhutani dalam ikatan jalinan kemitraan yang sehat dan saling menguntungkan.
  5. Mengembangkan usaha pengelolaan hutan melalui jalinan kerja sama dengan pihak lain yang berkepentingan.

SASARAN PENGELOLAAN HUTAN

Adapun sasaran pengelolaan hutan yang dicanangkan oleh lembaga adalah :
  1. Optimalisasi pemanfaatan lahan hutan, tanah kosong, lahan non produktif dan di bawah tegakan.
  2. Mengoptimalkan keterlibatan masyarakat dalam seluruh tahapan pengelolaan hutan pangkuan desa, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, sampai pada tahap monitoring dan evaluasi kegiatan.
  3. Menciptakan dan mengembangkan lapangan kerja produktif bagi masyarakat melalui kegiatan dalam bidang pengelolaan hutan.

KEANGGOTAAN

Keanggotaan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Sumber Makmur Desa Sumberanyar bersifat sukarela dan terbuka bagi setiap warga yang berdomisili di desa wilayah kerja RPH Sumberejo yang meliputi Desa Bantal, Sumberejo, Sumberanyar, dan Sumberwaru sesuai dengan wilayah petak lahan yang dikerjasamakan dengan LMDH Sumber Makmur Desa Sumberanyar, dan sampai sekarang jumlah anggota sebanyak 115 orang.

STRUKTUR ORGANISASI


PROGRAM KERJA
  1. Membuat perencanaan petak hutan pangkuan secara partisipatif bersama Perum Perhutani dan pihak terkait lainnya yang meliputi rencana kelola wilayah hutan, rencana sosial, rencana kelembagaan, peningkatan sumber daya manusia, peningkatan usaha ekonomi produktif masyarakat sekitar hutan.
  2. Melaksanakan kegiatan persemaian, penanaman, pemeliharaan dan pengamanan tanaman yang dikerjasamakan.
  3. Melakukan evaluasi secara periodik terhadap seluruh kegiatan yang telah dilaksanakan bersama pihak Perum Perhutani dan pihak lain yang terkait.
  4. Mengupayakan peningkatan produktivitas usaha ekonomi masyarakat melalui fasilitasi pemberian bantuan dana bergulir dari Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL).
  5. Mengupayakan kegiatan yang mengarah pada pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat desa pemangku hutan yang bersentuhan secara langsung dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

KEGIATAN YANG TELAH DILAKSANAKAN

Dalam kurun waktu selama 4 tahun sejak berdirinya lembaga, LMDH Sumber Makmur Sumberanyar telah melaksanakan beberapa kegiatan kelembagaan yang secara ringkas tergambar dalam keterangan sebagaimana berikut :
  1. Melakukan sosialisasi awal tentang PHBM bersama KSS PHBM KPH Banyuwangi Utara Ir. Ririt BS. Sosialisasi tahap awal ini dilaksanakan khusus masyarakat Desa Sumberanyar yang kemudian dilanjutkan dengan kegiatan sosialisasi berikutnya tentang PHBM serta fungsi dan manfaat hutan terhadap kelangsungan hidup masyarakat dan lingkungan, dengan melibatkan pejabat Perhutani KPH Banyuwangi Utara diantaranya Asep Syaifuddin, S.Hut. (WK ADM), Misadi (KSS PHBM), Nurhasan (Humas), serta pejabat yang lain.
  2. Setelah pembentukan Lembaga, LMDH Sumber Makmur langsung melaksanakan reboisasi pada lahan hutan di wilayah RPH Sumberejo BKPH Asembagus dengan 5000 plcs bibit sengon, 2500 plcs bibit mente, 2500 plcs bibit mindi, dan 5000 plcs kedawung yang seluruh pembiayaannya 100% bersumber dari swadaya lembaga dan masyarakat. Dan sampai saat ini, prosentase tumbuh mencapai 75%.
  3. Pada tahun 2007 LMDH Sumber Makmur mengajukan permohonan Kerja sama Penanaman Hutan kepada Administratur Perum Perhutani KPH Banyuwangi Utara untuk lahan hutan bagian hutan Kendeng Timur Laut (KTL) seluas 108 hektar.
  4. Permohonan pembukaan lahan sebagaimana di atas mendapat persetujuan dari KPH Banyuwangi Utara pada tahun 2008 setelah diterbitkannya Surat Kepala Perum Perhutani Unit II Jawa Timur No. 276/042.3/SPPU-RTT/Ren-SDH/II tanggal 15 Mei 2008 Tentang Pengesahan RTT Tahun 2008 KPH Banyuwangi Utara. Selanjutnya lembaga melaksanakan pembukaan lahan hutan sekaligus penanaman pada beberapa petak hutan seluas 108 hektar yang meliputi wilayah kerja BKPH Asembagus / RPH Sumberejo sebagaimana dalam Perjanjian Kerja sama antara Perum Perhutani KPH Banyuwangi Utara dengan LMDH Sumber Makmur No. 05/PHBM/BWU/2008.
  5. Mengadakan pengamanan hutan secara swadaya bersama petugas Perhutani RPH Sumberejo dengan jumlah personil 12 orang yang dilakukan secara bergantian. Kegiatan pengamanan ini dilaksanakan oleh LMDH Sumber Makmur sejak tahun 2006 sampai sekarang.
  6. Melaksanakan pembangunan jembatan penghubung antara desa dan hutan pada tahun 2007 yang berlokasi di Dusun Sekarputih Desa Sumberanyar. Pelaksanaan pembangunan ini dilaksanakan oleh lembaga bersama masyarakat dengan swadaya / swadana. Pembangunan jembatan tersebut dimaksudkan untuk memberikan kemudahan transportasi bagi masyarakat setempat, di samping untuk memudahkan transportasi pada saat ada kegiatan monitoring dan peninjauan lahan hutan oleh pihak lembaga, pihak Perhutani, dan pihak lain yang berkepentingan.
  7. Mendirikan Kantor / Sekretariat LMDH Sumber Makmur secara swadaya pada tahun 2007 dengan lokasi di lahan hutan milik Perhutani Dusun Sekarputih (Selatan).
  8. Membuat hutan rakyat secara swadaya pada tahun 2007 seluas 10 hektar dengan jenis tanaman mindi di lahan milik masyarakat Desa Sumberejo dan Sumberanyar.
  9. Memberikan bantuan bibit mindi, jati, dan gmelina untuk masyarakat Desa Sumberanyar, Sumberwaru, dan Sumberejo untuk penghijauan lahan milik masyarakat. Pemberian bantuan ini sebanyak 5000 bibit yang terdiri dari : 1000 bibit jati, 2000 bibit mindi, dan 2000 bibit gmelina. Kegiatan ini dilaksanakan pada tahun 2007-2008 yang seluruhnya dilakukan secara swadaya oleh lembaga. Kegiatan pemberian bantuan ini merupakan penyikapan aktif LMDH Sumber Makmur terhadap program pemerintah One Man One Tree. Sampai pada tahun 2010 ini, penyaluran bantuan bibit untuk masyarakat terus berlanjut yang keseluruhan tetap berupa swadaya lembaga.
  10. Pada Tahun 2008, lembaga mendapat kepercayaan dari Perum Perhutani untuk melaksanakan kerja sama pembuatan persemaian untuk tanaman pada petak-petak yang dikerjasamakan seluas 108 hektar sebanyak 155.520 plances dengan jenis bibit mindi sebagai tanaman pokok, bibit gmelina sebagai tanaman tepi, bibit asem sebagai tanaman hias, dan bibit mimbo sebagai tanaman pengisi.
  11. 11. Melaksanakan kegiatan kerja sama dengan Asper BKPH Asembagus dalam pembuatan persemaian Kebun Bibit Desa (KBD) sebanyak 15.000 plc jenis Jati APB dengan alokasi biaya sebesar Rp 6.000.000,- (enam juta rupiah). Kerja sama ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2009 dengan maksud untuk dijadikan bantuan hibah kepada warga masyarakat 5 desa meliputi Desa Sumberejo, Sumberanyar, Sumberwaru, Bantal, dan Kedunglo. Kerja sama ini didasarkan pada SP No. 739/059.9/PHBM/Bwu/II tentang Pembuatan Kebun Bibit Desa.
  12. Untuk membiayai kegiatan lembaga, LMDH Sumber Makmur membentuk usaha produktif dalam pengadaan pupuk kandang (bokashi), melayani pesanan dan penjualan bibit, serta pengadaan biji-bijian tanaman hutan (gmelina, lamtoro, kesambi, mimbo, sengon, dan lainnya). Usaha di atas dimaksudkan untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat dan pihak Perum Perhutani KPH Banyuwangi Utara, serta pihak-pihak yang membutuhkan.
  13. Melaksanakan kerjasama persemaian jenis tanaman kayu Treambesi, Mimba, dan Kesambi dengan Balai Taman Nasional (BTN) Baluran pada bulan Maret tahun 2010 dengan jumlah total 5000 plcs untuk semua jenis tanaman.

SUMBER KEUANGAN LEMBAGA

Sejak awal pembentukan sampai dengan tahun 2010, LMDH Sumber Makmur masih belum mendapatkan alokasi dana sharing, karena belum adanya hutan produksi di wilayah pangkuan LMDH Sumber Makmur. Karenanya, keuangan lembaga saat ini masih bersumber dari :
  1. Hasil dari usaha produktif lembaga yang terdiri dari usaha : pengadaan pupuk kandang, pembuatan persemaian, penjualan bibit, dan jual beli biji-bijian tanaman hutan
  2. Kontribusi anggota yang diterima lembaga dari hasil panen tumpang sari anggota
Dan kedua sumber keuangan lembaga di atas, masih belum bisa mencukupi seluruh kebutuhan dana untuk membiayai kegiatan-kegiatan lembaga. Adapun kekurangan anggaran untuk pembiayaan kegiatan lembaga selama ini masih dapat teratasi dengan adanya swadaya anggota yang relatif cukup tinggi.


Sumberanyar, Desember 2010

Lembaga Masyarakat Desa Hutan
LMDH Sumber Makmur
Desa Sumberanyar Kecamatan Banyuputih
Kabupaten Situbondo Jawa Timur


Sekretariat :
Dusun Sekarputih Desa Sumberanyar
Contact Person : 085236822242 / 085236968165
Email : lmdhsumbermakmur@yahoo.co.id
Website : www.lmdhsm.blogspot.com

Download Profil

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Arsip

Ucapan Terima Kasih

Kehadiran LMDH Sumber Makmur Desa Sumberanyar sebagai lembaga yang mengakar di masyarakat dan mengambil peran sebagai mitra Perum Perhutani dalam melaksanakan program PHBM di desa se wilayah kerja RPH Sumberejo, selama kurang lebih 4 tahun terakhir telah melaksanakan kegiatan konkret dan sedikit banyak telah memberikan kontribusi nyata terhadap kelangsungan pelestarian hutan dan peningkatan kwalitas hidup masyarakat desa. Karenanya kami tak bosan-bosannya mengucapkan puji syukur alhamdulillah, atas segala bentuk pertolongan-Nya kepada kami, sehingga walaupun dengan multi keterbatasan yang kami miliki, kami masih tetap eksis melaksanakan kegiatan yang sudah terncana. Selanjutnya, kami juga tak lupa mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran pejabat Perum Perhutani KPH Banyuwangi Utara yang sejak awal pendirian LMDH Sumber Makmur sampai sekarang tak henti-hentinya memberikan dukungan moral, pendampingan, dan pembinaan yang sangat intensif kepada kami, sehingga kami mampu melakukan dinamisasi kegiatan kelembagaan seperti sekarang ini. Ucapan terima kasih khusus kami sampaikan kepada : Bapak Ir. Sriyono (Mantan ADM Perum Perhutani KPH Banyuwangi Utara) Bapak Asep Syaifuddin, S.Hut.(Ketua Tim Sukses PHBM KPH Banyuwangi Utara) Bapak Kelik, S.Hut. (Kasi PSDH KPH Banyuwangi Utara) Bapak Agus (Kaur Tanaman KPH Banyuwangi Utara) Bapak Ir. Ririt SB (mantan KSS PHBM tahun 2007) Bapak Misadi (KSS PHBM) beserta seluruh staf Bapak Nurhasan (Mantan Humas KPH Banyuwangi Utara) Bapak Koesman (Asper BKPH Asembagus) Bapak Kadir (Mantan KRPH Sumberejo) Dan seluruh pejabat lainnya yang namanya tak tidak dapat kami sebutkan di sini

Buku Tamu



Jadwal Shalat

 

Peta Kecamatan Banyuputih