Kami siap melayani pembelian jenis bibit tanaman kehutanan seperti mindi, gmelina, jati, sengon, treambesi, dan lainnya. Anda dapat langsung menghubungi sekretariat LMDH Sumber Makmur Desa Sumberanyar Kec. Banyuputih Kab. Situbondo ataupun kontak langsung ke HP 085236822242 (Muhammad Bakri-Ketua LMDH)

rss

LMDH Sumber Makmur Ajukan Bantuan Dana Penguatan Kelembagaan

Dinamika perjalanan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Sumber Makmur Desa Sumberanyar sebagai bagian dari sistem Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM) yang merepresentasikan keterlibatan langsung masyarakat dalam pengembangan pengelolaan sumber daya hutan (SDH), telah melewati berbagai macam proses pendewasaan organisasi yang secara konkret telah membentuk LMDH Sumber Makmur menjadi lembaga yang dinamis dan memiliki potensi besar untuk terus berkembang dengan berbagai kegiatan pengelolaan SDH dan pemberdayaan yang menyentuh secara langsung pada masyarakat. Dengan demikian, semua yang dicapai oleh LMDH dengan out put yang cukup memuaskan selama ini, selalu tidak terlepas dari respons positif dan dukungan penuh dari masyarakat setempat. Sampai saat ini proses pendewasaan lembaga tersebut masih tetap dan terus berjalan, walaupun masih diperlukan serangkaian evaluasi objektif yang berkesinambungan dan terencana dengan tujuan untuk mengangkat semaksimal mungkin tingkat produktivitas program / kegiatan lembaga agar menjadi lebih baik lagi. Hal tersebut dilakukan semata untuk membentuk LMDH Sumber Makmur agar tidak hanya sekedar memperoleh legitimasi dari masyarakat dan institusi kehutanan belaka, namun jauh lebih penting dari itu agar LMDH Sumber Makmur mampu memberikan andil besar serta kontribusi yang lebih nyata bagi terciptanya keseimbangan alam dengan mempertahankan kelangsungan kehidupan dan kelestarian hutan khususnya di kawasan hutan Kendeng Timur Laut (KTL). Di samping pula, hal itu dimaksudkan agar terbentuk komunitas masyarakat sekitar kawasan pangkuan hutan yang mempunyai kesadaran hukum, kepedulian yang tinggi terhadap kelestarian hutan, serta lebih mandiri dari aspek sosial dan ekonomi tanpa memiliki kecenderungan lagi untuk melakukan tindakan yang mengancam terhadap kelestarian dan keutuhan hutan itu sendiri. Berangkat dari itu semua, dengan melalui berbagai pertimbangan logis, mendasar, dan objektif, maka LMDH Sumber Makmur memandang sangat perlu segera mengambil langkah cepat untuk melakukan pembenahan kelembagaan secara komprehensif dan fundamental guna memacu percepatan pencapaian tujuan lembaga yang sekaligus menjadi filosofi dari program Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM).
Dan
salah satu penyempurnaan kelembagaan yang perlu segera dilakukan adalah berupa pengadaan sarana prasarana dasar lembaga dan kelengkapan administrasi serta instrumen penting lainnya yang secara langsung dapat menunjang kualitas dan keberhasilan pelaksanaan kegiatan LMDH Sumber Makmur ke depan. Namun demikian, untuk melakukan pembenahan kelembagaan sebagaimana dimaksud di atas, LMDH Sumber Makmur saat ini tentu masih belum mampu merealisasikannya sendiri tanpa adanya dukungan, partisipasi, dan keterlibatan dari masyarakat maupun dari Perum Perhutani dan pemerintah. Itu semua disebabkan oleh kondisi riil lembaga saat ini yang secara praktis masih belum didukung oleh dana operasional yang memadai karena di wilayah kerja LMDH Sumber Makmur masih belum terdapat hutan yang bisa diproduksi, sehingga masih belum bisa mendapatkan sharing fee dari hasil produksi kayu oleh Perhutani tersebut. Dengan demikian, LMDH Sumber Makmur yang selama ini mampu menghidupi organisasi dan melaksanakan kegiatan kelembagaannya secara swadaya bersama masyarakat, sudah saatnya untuk memperoleh dukungan penuh dari pemerintah dan Perum Perhutani dalam penguatan kelembagaannya.
Karenanya, pada tanggal 1 Februari 2011 kemarin LMDH Sumber Makmur melayangkan Proposal pengajuan dana untuk penguatan kelembagaan ke Gubernur Jawa Timur dengan tembusan ke Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur. Dari output riil kegiatan yang sudah berhasil dilaksanakan sejak tahun 2006, sangat diharapkan Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk memberikan perhatian yang besar terhadap kelangsungan lembaga dengan program pokok dalam bidang pengelolaan sumber daya hutan seperti LMDH, yang semua itu bisa dimanifestasikan dalam bentuk pemberian bantuan dana penguatan lembaga.

Download Proposal
di sini
English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Arsip

Ucapan Terima Kasih

Kehadiran LMDH Sumber Makmur Desa Sumberanyar sebagai lembaga yang mengakar di masyarakat dan mengambil peran sebagai mitra Perum Perhutani dalam melaksanakan program PHBM di desa se wilayah kerja RPH Sumberejo, selama kurang lebih 4 tahun terakhir telah melaksanakan kegiatan konkret dan sedikit banyak telah memberikan kontribusi nyata terhadap kelangsungan pelestarian hutan dan peningkatan kwalitas hidup masyarakat desa. Karenanya kami tak bosan-bosannya mengucapkan puji syukur alhamdulillah, atas segala bentuk pertolongan-Nya kepada kami, sehingga walaupun dengan multi keterbatasan yang kami miliki, kami masih tetap eksis melaksanakan kegiatan yang sudah terncana. Selanjutnya, kami juga tak lupa mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran pejabat Perum Perhutani KPH Banyuwangi Utara yang sejak awal pendirian LMDH Sumber Makmur sampai sekarang tak henti-hentinya memberikan dukungan moral, pendampingan, dan pembinaan yang sangat intensif kepada kami, sehingga kami mampu melakukan dinamisasi kegiatan kelembagaan seperti sekarang ini. Ucapan terima kasih khusus kami sampaikan kepada : Bapak Ir. Sriyono (Mantan ADM Perum Perhutani KPH Banyuwangi Utara) Bapak Asep Syaifuddin, S.Hut.(Ketua Tim Sukses PHBM KPH Banyuwangi Utara) Bapak Kelik, S.Hut. (Kasi PSDH KPH Banyuwangi Utara) Bapak Agus (Kaur Tanaman KPH Banyuwangi Utara) Bapak Ir. Ririt SB (mantan KSS PHBM tahun 2007) Bapak Misadi (KSS PHBM) beserta seluruh staf Bapak Nurhasan (Mantan Humas KPH Banyuwangi Utara) Bapak Koesman (Asper BKPH Asembagus) Bapak Kadir (Mantan KRPH Sumberejo) Dan seluruh pejabat lainnya yang namanya tak tidak dapat kami sebutkan di sini

Buku Tamu



Jadwal Shalat

 

Peta Kecamatan Banyuputih