Kami siap melayani pembelian jenis bibit tanaman kehutanan seperti mindi, gmelina, jati, sengon, treambesi, dan lainnya. Anda dapat langsung menghubungi sekretariat LMDH Sumber Makmur Desa Sumberanyar Kec. Banyuputih Kab. Situbondo ataupun kontak langsung ke HP 085236822242 (Muhammad Bakri-Ketua LMDH)

rss

Kongres LMDH II Hasilkan "Resolusi Tasikmalaya"

KONGRES ke II Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) se-Jawa Madura dibuka secara resmi oleh Menteri Kehutanan Republik Indonesia Zulkifli Hasan yang bertempat di Pondok Pesantren Al-amin Kawalu Kota Tasikmalaya pada Rabu pekan kemarin.

Menhut didampingi Direktur Utama PT. Perhutani Upik Rosalin beserta Walikota Tasikmalaya Drs. H. Syarif Hidayat M.Si dan Pejabat Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat juga Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kota Tasikmalaya.

Dalam kesempatan tersebut Zulkifli Hasan mengatakan bahwa Masyarakat Desa Hutan (MDH) mempunyai peran yang strategis sebagai penggerak pembangunan sosial ekonomi masyarakat desa hutan terutama dalam menjamin tercapainya kemajuan, kemandirian dan kesejahteraan bagi MDH itu sendiri.

“Dengan adanya payung hukum, maka LMDH diharapkan mampu lebih optimal dalam mengimplementasikan sistem pengelolaan hutan bersama masyarakat (PHBM) yang telah terbukti di beberapa tempat mampu menstimulasi percepatan dan pemberdayaan MDH”, ujarnya.

Walikota Tasikmalaya dalam sambutannya menyampaikan apresiasi serta kehormatan atas dipilihnya Kota Tasikmalaya menjadi tempat untuk penyelenggaraan acara Kongres ke II LMDH ini.

Walikota juga menyampaikan, pembangunan kehutanan merupakan salah satu program pembangunan yang mendapat perhatian serius dari Pemerintah Kota Tasikmalaya yang diselaraskan dengan program pembangunan Kabinet Bersatu II yaitu rehabilitasi hutan dan lahan, pemanfaatan potensi, pengembangan kelembagaan hutan dan pemberdayaan masyarakat sekitar hutan.

Hasil dari Kongres tersebut menghasilkan rekomendasi yang disebut "RESOLUSI TASIKMALAYA" yaitu :

1. Mengutuk keras dan meminta kepada aparat penegak hukum untuk menindak tegas pelaku perusakan sumber daya hutan.
2. Pemerintah RI harus menjadikan desa hutan dan masyarakatnya sebagai prioritas utama pembangunan Nasional.
3. Harus segera diterbitkan Peraturan Pemerintah yang mengatur tentang Pengelolaan Sumber Daya Hutan Bersama Masyarakat.
4. Meminta Kementrian Kehutanan mengkaji ulang Peraturan Menteri Kehutanan yang mengatur pengalihan status Kawasan Hutan Negara menjadi Kawasan Taman Nasional.
5. Mengharuskan Perum Perhutani untuk melibatkan Masyarakat Desa Hutan dan atau organisasi masyarakat desa hutan dalam pengambilan kebijakan pengelolaan sumberdaya hutan.
6. Sebagai wadah perjuangan bersama, Masyarakat Desa Hutan Indonesia berhimpun dalam Perhimpunan Masyarakat Desa Hutan Indonesia (PMDHI) yang akan segera dideklarasikan.
7. Perhimpunan Masyarakat Desa Hutan Indonesia (PMDHI) siap melaksanakan dan mensukseskan program Presiden RI menanam Satu Milyar Pohon.
English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Arsip

Ucapan Terima Kasih

Kehadiran LMDH Sumber Makmur Desa Sumberanyar sebagai lembaga yang mengakar di masyarakat dan mengambil peran sebagai mitra Perum Perhutani dalam melaksanakan program PHBM di desa se wilayah kerja RPH Sumberejo, selama kurang lebih 4 tahun terakhir telah melaksanakan kegiatan konkret dan sedikit banyak telah memberikan kontribusi nyata terhadap kelangsungan pelestarian hutan dan peningkatan kwalitas hidup masyarakat desa. Karenanya kami tak bosan-bosannya mengucapkan puji syukur alhamdulillah, atas segala bentuk pertolongan-Nya kepada kami, sehingga walaupun dengan multi keterbatasan yang kami miliki, kami masih tetap eksis melaksanakan kegiatan yang sudah terncana. Selanjutnya, kami juga tak lupa mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran pejabat Perum Perhutani KPH Banyuwangi Utara yang sejak awal pendirian LMDH Sumber Makmur sampai sekarang tak henti-hentinya memberikan dukungan moral, pendampingan, dan pembinaan yang sangat intensif kepada kami, sehingga kami mampu melakukan dinamisasi kegiatan kelembagaan seperti sekarang ini. Ucapan terima kasih khusus kami sampaikan kepada : Bapak Ir. Sriyono (Mantan ADM Perum Perhutani KPH Banyuwangi Utara) Bapak Asep Syaifuddin, S.Hut.(Ketua Tim Sukses PHBM KPH Banyuwangi Utara) Bapak Kelik, S.Hut. (Kasi PSDH KPH Banyuwangi Utara) Bapak Agus (Kaur Tanaman KPH Banyuwangi Utara) Bapak Ir. Ririt SB (mantan KSS PHBM tahun 2007) Bapak Misadi (KSS PHBM) beserta seluruh staf Bapak Nurhasan (Mantan Humas KPH Banyuwangi Utara) Bapak Koesman (Asper BKPH Asembagus) Bapak Kadir (Mantan KRPH Sumberejo) Dan seluruh pejabat lainnya yang namanya tak tidak dapat kami sebutkan di sini

Buku Tamu



Jadwal Shalat

 

Peta Kecamatan Banyuputih